Retailer/penjual di Supermarket di beberapa negara bagian Amerika sudah memiliki teknologi untuk men-scan atau memindai wajah dan melacak Anda ketika Anda berbelanja, jadi kartu debet atau kredit yang anda pakai atau bahkan uang cash yang anda gunakan bisa di validasi tanpa harus mendapatkan persetujuan Anda untuk melakukannya.
Setelah diidentifikasi, dapat dilacak pembelian dan kebiasaan pembelian, serta mengumpulkan informasi dari database yang tersedia tentunya yang pernah terdaftar pada Bank atau member supermarket - dilacak juga sejarah kriminal dan informasi kredit.
Di sisi lain, pengecer ingin menggunakan data ini untuk tujuan pemasaran, menyajikan konsumen dengan penawaran khusus sesuai kebiasaan membeli mereka dan daya beli. Mereka juga ingin mengidentifikasi apakah pembelinya adalah penjahat carding potensial.
Facebook telah menggunakan teknologi pengenalan wajah selama beberapa tahun untuk mengidentifikasi dan mengkategorikan gambar pada album photo. Facebook sudah tahu produk apa yang Anda lihat secara online dengan memindai cookie dari situs jual beli, dan menggunakan hasilnya untuk membombardir Anda dengan iklan di halaman facebook Anda.
Anda dapat mengubah password dan nomor kartu kredit Anda, tetapi Anda tidak dapat mengubah sidik jari atau dimensi yang dari wajah Anda, inilah alasan teknologi pemindai wajah diterapkan di bidang perdagangan/penjualan modern.

